PROPOSAL USAHA
“PENJUALAN KUE BOLU”
DISUSUN OLEH:
NAMA : DARNO UFATMA
KELAS : III PEMASARAN 1
UJIAN KOPETENSI
PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
SMK
NEGERI 1 BAUBAU
TAHUN
PELAJARAN 20013/2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Disekitar
kita banyak sekali makanan yang dijual murah. Namun, kualitas rasa dan
kehigienisan nya tidak memperhitungkan nilai gizi. Dengan itu saya membuat
makanan yang nilai gizinya cukup besar dan dapat di konsumsi oleh semua
kalangan, baik Anak kecil, Orang dewasa maupun lanjut usia.
Produk yang saya
tawarkan adalah kue bolu. Alasan saya memilih usaha ini adalah di samping kue bolu merupakan makanan
tradisional, kue bolu juga banyak di sukai oleh masyarakat di sekitar kita dan
kue ini sudah terkenal di berbagai pelosok di Indonesia bahkan sampai luar
negri
B.
Tujuan
Tujuan kami adalah untuk mengenalkan
produk makanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa tertarik dengan
produk makanan yang kami promosikan sehingga nilai beli konsumen bisa tinggi,
dan kami juga bertujuan untuk memenuhi selera konsumen yang makin hari makin
meningkat.
C.
VISI MISI
1.
VISI
Menciptakan Produk yang
berpotensi baik di masa depan.
Memberikan lapangan pekerjaan.
Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan.
Menanamkan jiwa kewirausahaan.
Mengurangi pengangguran.
2.
MISI
Ø
Meningkatkan kreatifitas masyarakat
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A.
Analisis
peluang usaha
·
STRENGTH (KEKUATAAN)
·
Mudah laku di pasaran
·
Bisa di simpan dalam waktu jangka
panjang
·
Harga terjangkau
·
WEAKNESS(KELEMAHAN)
ü Jangkakuan pemasaran masi terbatas
ü Banyak pesaing yang menawarkan harga
murah
·
OPORTUNITIES (PELUANG)
Makanan ini banyak digemari di masyarakat, sehingga
tidak kesulitan kami memasarkannya di pasaran
·
THREATS (ANCAMAN)
Munculnya produk baru dengan kualitas dan kreasi
yang lebih baik. Banyak
pesaing yang menjual produk yang sama dan menetapkan harga murah
B.
Bauran pemasaran atau analisi P4
1. Product (produk)
Produk
yang saya tawarkan adalah kue bolu rasa nanas manis dan empuk dengan rasa
yang manis enak dan nikmat
2. Price (harga)
Harga yang saya tawarkan cukup terjangkau yaitu Rp
3.000,- / bungkus sesuai dengan harga yang ada di pasaran dengan kualitas
makanan teruji
3. Promotion (promosi)
·
Bila beli 10 gratis 2
·
Rasanya dapat menhilangkan rasa galau
·
Mengutamakan kepuasan pelanggan
4. Place
(tempat)
Tempat usaha
yang saya lakukan sangat staregis dan sederhana yaitu di tempat keramaian yang
ada di kota baubau, di pelabuhan murhum, pasar-pasar yang ada di kota baubau,
dan toko-toko terdekat saja
BAB III
PERHITUNGAN MODAL
DAN HARGA JUAL
Ø Harga Pembelian barang
ü kue bolu @Rp 1.500,- x 250 = Rp 375.000,-
jumlah
pembelian Rp 375.000,-
ü
biaya transportasi Rp
20.000,-
ü
biaya promosi Rp
15.000,-
ü
biaya lain lain Rp
15.000,-
jumlah biaya
operasional Rp 50.000,-
Ø modal
jumlah
pembelian barang + jumlah biaya operasional
= Rp
375.000,- + Rp 50.000,-
= Rp 425.000,-
No.
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
Jual Satuan
|
Total
Harga Keseluruhan
|
1.
|
Kue bolu
|
250
|
Rp 3.000,-
|
Rp 750.000,-,-
|
|
Total
Penjualan
|
Rp 750.000,-
|
Ø analisa
keuntungan
laba kotor = total penjualan -
total pembelian
= Rp
750.000 - Rp 425.000
= Rp
325.000,- / perhari
BAB III
KESIMPULAN
Berusaha merupakan peluang mengembangkan usaha
sesuai kemampuan pribadi masing-masing, namun seorang wirausaha harus mempunyai
kecakapan dalam melihat analisis SWOT, sehingga dapat mengembangkan usaha
dengan baik dan lancer, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan,
maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin, agar usaha berkembang
dengan cepat seorang wirausaha harus menjalin partner usaha dengan pengusaha
lain, tidak hanya mendirikan usaha sendiri, tapi rintislah usaha bercabang agar
kelangsungan usaha berpotensi meluas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar